Sabtu, 18 April 2015

5 Jenis Imunisasi Bayi yang Diwajibkan

Sesuai dengan program organisasi kesehatan Badan Kesehatan Dunia (WHO), pemerintah Indonesia mewajibkan 5 imunisasi wajib bagi bayi, serta 7 imunisasi tambahan untuk menambah daya tahan tubuh terhadap beberapa jenis penyakit.

5 jenis imunisasi yang diwajibkan pemerintah, yaitu :

1. BCG
    Vaksin ini diberikan pada bayi yang baru lahir. Imunisasi ini diberikan dengan tujuan untuk mencegah bayi terkena penyakit TBC. Bila bayi sudah berusia 3 bulan dan mau diberikan vaksin BCG, harus dilakukan uji tuberkulin terlebih dahulu, bila hasil tes tuberkulin negatif, maka imunisasi BCG ini boleh diberikan.

2. Hepatitis B
    Imunisasi ini diberikan tiga kali, yang pertama dalam waktu 12 jam dari waktu bayi lahir. Kemudian di usia 1 bulan imunisasi ini diberikan kembali, Dan yang terakhir disaat bayi berusia 3-6 bulan.

3. Polio
    Imunisasi polio-0  diberikan saat bayi lahir. Selanjutnya imunisasi ini diberikan pada saat bayi berusia 2, 4, dan 6 bulan. Kemudian imunisasi ini wajib kembali diberikan pada saat bayi berusia 18 bulan dan 5 tahun. Imunisasi ini semakin diwajibkan pemerintah, karena banyak bayi yang terkena polio.

4. DTP
    Jenis imunisasi ini ditujukan untuk mencegah tiga penyakit sekaligus, yaitu : Difteri, Tetanus, dan Pertusis. Vaksin ini diberikan pertama kali ketika usia bayi telah mencapai lebih dari 6 minggu. Kemudian diberikan kembali disaat bayi berusia 4 dan 6 bulan. Ulangan pemberian imunisasi DTP diberikan saat usia bayi 18 bulan dan 5 tahun. Kemudia diberikan kembali saat anak telah berusia 12 tahun. Ini merupakan program BIAS SD kelas VI.

5. Campak
    Imunisasi campak diberikan pertama kali pada bayi saat berusia 9 bulan. Kemudian imunisasi campak-2 diberikan dalam program BIAS SD kelas I atau anak telah berusia 6 tahun.

Imunisasi wajib diberikan. Hal ini berguna untuk mencegah 7 penyakit di atas. Ketujuh penyakit di atas dapat menyebabkan kematian dan cacat. Dalam pemberian imunisasi, bayi yang akan diimunisasi diwajibkan dalam keadaan yang sedang fit/sehat.

5 Jenis Imunisasi Bayi yang Diwajibkan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Zona Bayi

0 komentar:

Posting Komentar