Jumat, 10 April 2015

Perkembangan Bayi Usia 6 Bulan

Pada usia 6 bulan bayi sedang mengoptimalkan fungsi-fungsi organ tubuhnya. Perkembangan bayi memang sangat unik dan menarik perhatian untuk selalu diikuti orang tuanya. Oleh karena itu kita sebagai orang tua harus lebih banyak mengetahui bagaimana perkembangan bayi.

Di usia 6 bulan bayi belajar dari apa yang ia liat disekelilingnya. Bayi mulai belajar mengoptimalkan fungsi jari jemarinya dan akan semaksimal mungkin menggerakan kedua tangannya untuk meraih benda-benda disekelilingnya. Serta tidak sungkan memasukkan benda-benda yang dilihat dan diraihnya dimasukkan ke dalam mulut. Selain, itu mereka juga tidak segan memindahkan mainan atau benda apapun dari satu tangan ke tangan lainnya, serta tak segan memukul-mukulkannya.

Penglihatan mereka pun sudah berkembang dengan sangat baik. Mereka sudah bisa mulai mengidentifikasi dan mengenali orang-orang disekitarnya. Serta dapat mengidentifikasi benda besar ataupun kecil yang dilihatnya.

Komunikasi bayi usia 6 bulan juga berkembang lebih baik. Bayi sudah bisa mengeluarkan bunyi-bunyi penggabungan konsonan dan vokal, misalnya : "Ma", "Pa", "Na", dan lain sebagainya. Bunyi-bunyi yang dikeluarkannya bernada dan sangat berirama. Ajaklah bayi terus bermain dan berbicara, agar bayi semakin sering mengeluarkan bunyi-bunyi. Karena hal itu dapat merangsang untuk perkembangan komunikasi semakin lebih baik dan cepat.

Dapat disimpulkan di usia bayi 6 bulan, bayi belajar mengeksplorasi benda-benda yang dilihat disekelilingnya dengan menggunakan inderanya dengan sangat baik. Mulailah membacakannya dongeng, agar menstimulus baik motorik kasar dan motorik halusnya.

Perkembangan Bayi Usia 6 Bulan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Zona Bayi

0 komentar:

Posting Komentar