Rabu, 15 April 2015

Perkembangan Janin Dalam Kandungan

Kehamilan merupakan hal yang sangat membahagiakan bagi pasangan suami istri. sebagai orang tua kita tentunya ingin memastikan dan mengetahui bagaimana perkembangan janin dalam kandungan kita.
Disini saya akan membahas tentang perkembangan janin dalam kandungan. Semoga bermanfaat :)

Pertumbuhan dan perkembangan janin dimulai sejak terjadinya konsepsi. Kehamilan berlangsung selama 280 hari atau 40 minggu atau 10 bulan terhitung dari hari terakhir haid.

Pertumbuhan hasil konsepsi dibedakan menjadi 3 tahapan, yaitu :
1. Tingkat ovum (Telur), yaitu umur 0-2 minggu. Pada tahapan ini hasil    konsepsi belum tampak terbentuk dalam    pertumbuhan;
2. Embrio (Mudigah) antara umur 3-5    minggu. Pada tahapan ini sudah mulai    tampak rancangan bentuk alat-alat    tubuh;
3. Janin (Fetus), yaitu usia janin diatas 5 minggu. Pada tahapan ini janin sudah berbentuk manusia.

Perkembangan Janin :
- Bulan ke 0
  Pada bulan ini sperma membuahi ovum   kemudian membelah, dan masuk di  uterus, kemudian menempel pada hari ke 11


- Bulan ke 1 (Minggu ke-4)

  Pada bulan ke 1 ini, bagian tubuh embrio yang pertama muncul akan menjadi tulang belakang, otak dan saraf tulang belakang. Kemudian jantung, sirkulasi darah dan pencernaan juga sudah terbentuk.


- Bulan ke 2 (Minggu ke-8)

  Pada bulan ke 2 ini panjang janin mencapai 250mm. Jantung telah mulai memompa darah, raut muka dan bagian utama otak dapat terlihat. Telinga, tulang, dan otot di bawah kulit yang tipis pun telah terbentuk.


- Bulan ke 3 (Minggu ke-12)
  Pada bulan ke 3 ini panjang janin telah mencapai 7-9 cm, tinggi rahim telah diatas simpisis (tulang kemaluan). Embrio kini menjadi janin. Bila kita melakukan USG denyut jantung sudah terlihat. Mulai terjadi gerakan-gerakan bayi. Pusta tulang, kuku sudah ada. Ginjal pun telah mulai memproduksi urin.


- Bulan ke 4 (Minggu ke-16)
  Pada bulan ke 4 panjang janin telah mencapai 10-17 cm dan berat janin 100 gram. Tinggi rahim telah setengah atas simpisis-pubis. Sistem muskuloskeletal sudah matang, sistem saraf mulai melakukan kontrol dan pembuluh darah berkembang dengan cepat. Pankreas telah memproduksi insulin. Tangan janin juga telah dapat menggenggam dan kaki sudah bisa menendang secara aktif. Jika melakukan USG di usiia kehamilan bulan ke empat ini jenis kelamin luar sudah dapat ditentukan.


- Bulan ke 5 (Minggu ke-20)
  Pada bulan ke 5 panjang janin telah mencapai 18-27 cm dan berat janin 300 gram. Tinggi rahim telah setinggi pusat. Kini Verniks melindungi tubuh. Lanugo juga menutupi tubuh dan menjaga minyak pada kulit. Telah terbentuk alis, bulu mata, dan juga rambut. Di bulan ke lima ini, janin telah membuat jadwal mereka untuk tidur, menelan, dan menendang.


- Bulan ke 6 (Minggu ke-24)

  Pada bulan ke 6 panjang janin telah mencapai 28-34 cm dan berat janin 600 gram. Tinggi rahim telah diatas pusat. Kerangka janin berkembang cepat. Di usia bulan ke enam ini, sistem pernafasan janin sudah berkembang.


- Bulan ke 7 (Minggu ke-28)
  Pada bulan ke 7 panjang janin telah mencapai 35-38 cm dan berat janin 1000 gram. Tinggi rahim antara pertengahan pusat dengan prosessus xifodeus. Janin telah bisa bernafas, menelan, dan mengatur suhu. Dalam paru-paru telah terbentuk surfaktan. Mata janin sudah mulai bisa membuka dan menutup. Pada usia bulan ke enam bentuk janin telah terbentuk dua pertiga bentuk saat lahir.


- Bulan ke 8 (Minggu ke-32)
  Pada bulan ke 8 panjang janin telah mencapai 42,5 cm dan berat janin 1700 gram. Tinggi rahim dua pertiga di atas pusat. Di usia bulan ke delapan ini simpanan lemak berkembang dibawah kulit. Janin juga telah mulai meyimpan zat besi, kalsium, dan fosfor. Kulit janin berwarna merah dan bergerak aktif.


- Bulan ke 9 (Minggu ke-36)
  Pada bulan ke 9 panjang janin telah mencapai 46 cm dan berat janin 2500 gram. Tinggi rahim telah setinggi prosessus xifodeus. Janin telah memiliki organ yang sempurna, dan kulit dipenuhi dengan lemak.


- Bulan ke 10 (Minggu ke-40)
  Pada bulan ke 10 panjang janin telah mencapai 50 cm dan berat janin 3000 gram. Tinggi rahim dua jari bawah prossesus xifodeus. Di usia kandungan bulan ke sepuluh ini kepala janin masuk PAP (Pintu atas Panggul), kukunya panjang, testis telah turun, dan kulitnya pun halus tidak ada lanugo.


<iframe width="420" height="315" src="https://www.youtube.com/embed/EV-Y6Hvydvw" frameborder="0" allowfullscreen></iframe>

Perkembangan Janin Dalam Kandungan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Zona Bayi

0 komentar:

Posting Komentar