Senin, 13 April 2015

Perkembangan Bayi Usia 12 Bulan

Tak terasa bayi Anda telah berusia 12 bulan. Tiap orang tua biasanya merayakan ulang tahun ke 1 bagi bayinya. Setelah melihat perkembangan-perkembangan yang pesat pada bayi Anda, pasti sebagai orang tua Anda merasa bahagia dan bangga.

Perkembangan bayi usia 12 bulan, diantaranya :

1. Bayi sudah dapat mengenal benda yang ia lihat atau ia punya disuatu tempat. Misalkan saja, ketika bayi dibawa jalan-jalan dan menemukan benda serupa yang ia punya dirumah, ia akan mudah mengenalinya.

2. Pada usia 12 bulan bisa dikatakan ini akhir tahapan sensor motorik bayi Anda. Bukan hanya dari gerakan, tetapi juga dalam berkomunikasi. Bayi juga akan sangat lincah dalam menerima informasi apa yang diberikan oleh ibunya, ia akan mengikuti pembicaraan sang ibu.

3. Dalam berkomunikasi pada usia 12 bulan ini memang masih terbatas, gunakanlah kata-kata yang mudah diingat dan ditirukan oleh bayi. Terkadang bayi belum bisa mengungkapkan emosinya atau apa yang diinginkannya. Oleh karena itu, ibu dituntut untuk mengerti apa yang bayi inginkan. Sering-seringlah ajak bayi Anda berbicara agar bayi memiliki banyak kosakata, dan belajar mengucapkannya, agar sebagai orang tua kita mudah mengerti apa yang bayi inginkan.

4. Bayi sudah bisa menentukan apa yang akan ia pilih. Misalkan saja kita akan memakaikannya baju, pilihkanlah beberapa baju, kemudian tanyakan pada bayi Anda baju mana yang hendak dipakai. Doronglah agar bayi Anda dapat menunjuk baju mana yang hendak ia pakai. Hal ini dilakukan, agar bayi terbiasa mandiri, terbiasa dengan pilihannya sendiri.

Karena pada usia 12 bulan ini bayi sudah bisa meniru apa yang Anda katakan, pastikanlah agar lingkungan disekitar bayi Anda mengucapkan hal-hal yang baik, serta lingkungan yang dapat mendukung perkembangan bayi. Jangan pernah mengucapkan kata-kata kasar atau jorok karena cenderung bayi Anda akan meniru. Jagalah bayi Anda mulai dari dini, agar kelak dimasa depan bayi Anda tumbuh menjadi pribadi yang baik :)

Perkembangan Bayi Usia 12 Bulan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Zona Bayi

0 komentar:

Posting Komentar