Selasa, 28 April 2015

Penyebab Campak pada Bayi dan Penanganannya

Campak pada bayi disebabkan oleh virus, yaitu virus paramyxovirus a. Penularan virus ini terjadi jika ada penderita yang bersin dan batuk disekitar bayi, kemudian tetesan batuk atau bersin yang berisi virus menyemprot ke udara, tetesan itu akan aktif selama 2 jam di udara, kemudian terhirup oleh bayi maka bayi telah terinfeksi campak.

Berikut gejala tampak pada bayi :

1. Bayi akan mengalami demam, hidung sangat meler, batuk, dan mata merah serta berair;

2. Setelah beberapa hari akan timbul bintik-bintik karakteristik dalam mulutnya terutama pada selaput lendir yang melapisi pipinya. Bintik-bintik ini, disebut bintik Koplik dan akan muncul titik putih kecil seperti butir garam atau pasir pada benjolan kemerahan;

3. Kemudian beberapa hari setelahnya muncul ruam di wajah dan leher bayi. Ruam mulai keluar bercak merah yang akhirnya mengembangkan beberapa gundukan/benjolan. Jika ruam muncul, demam pada bayi biasanya naik, kadang hingga mencapai 39 derajat;

4. Beberapa bayi akan mengalami mual, muntah, diare, dan beberapa pembengkakan kelenjar getah bening;

5. Ruam biasanya berlangsung sekitar lima hari dan kemudian seperti memudar menjadi warna kecoklatan. Setelah itu ruam akan memudar dan meninggalkan kulit bayi kering dan bersisik.

Komplikasi Campak pada Bayi :

1. Dalam 20-30% bayi akan mengalami komplikasi, seperti diare atau infeksi telinga.

2. Ada juga komplikasi komplikasi pneumonia, meningitis, ensefalitis (radang otak) tetapi ini sangat jarang terjadi.

Menangani bayi yang sedang campak :

1. Jika bayi terkena campak segera hubungi dokter. Hal ini agar tidak terjadi komplikasi pada bayi, dan untuk mencegah penularan penyakit menular ini.

2. Buat bayi Anda senyaman mungkin, biarkan bayi senyaman mungkin dan berikan cairan yang banyak untuk mencegah bayi dehidrasi.

3. Anda dapat memberikan bayi Anda dosis yang tepat acetaminophen untuk demam dan nyeri. Namun jika bayi berusia kurang dari 3 bulan konsultasikan dulu pada dokter.

4. Jika bayi terkena campak dan belum diberi imunisasi campak, berkonsultasilah pada dokter. Dokter mungkin akan menyarankan suntikan immune globulin, yang dapat membantu mencegah penyakit campak lebih berkembang atau setidaknya membuat agar lebih ringan.

Penyebab Campak pada Bayi dan Penanganannya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Zona Bayi

0 komentar:

Posting Komentar