Senin, 06 April 2015

Mengatasi Demam Pada Bayi

Demam pada bayi sering menimbulkan kepanikan bagi orang tua, terutama bagi orang tua yang baru memiliki buah hati. Keadaan yang dapat diklasifikasikan demam yaitu tubuh bayi terasa hangat dan jika diukur hanya naik 0,5 derajat dibandingkan suhu tubuh normal, 36 derajat Celsius, dan jika panas lebih dari 37 derajat Celcius maka bayi dikatakan demam.

Tahukan Anda demam bukan merupakan penyakit melainkan tanda sistem pertahanan tubuh sedang aktif bekerja. Penyebab demam umunya adalah infeksi, terutama infeksi virus. Suhu tubuh akan kembali normal jika tubuh mampu mengatasi infeksi tersebut. Tetaplah tenang jika walaupun dalam keadaan panas anak Anda tetap riang dan bermain seperti biasanya.

Tips Untuk Mengatasi Demam Bayi Bila Demam Semakin Tinggi :
1.  Selalu ukur suhu tubuh menggunakan thermometer digital. Simpan di ketiak untuk mendapatkan hasil yang paling akurat.
2. Bila demam tidak terlalu tinggi, yaitu sekitar 37,5 derajat celcius, hal yang dilakukan cukup dengan terus menyusui bayi Anda agar bayi Anda tidak mengalami dehidrasi.
3. Bagi bayi, bila demam semakin meninggi yaitu lebih dari 38 derajat celcius kompres dengan air hangat dibagian ketiak dan lipatan pahanya, buat bayi Anda senyaman mungkin. Hindari pemberian obat penurun panas sebelum Anda mengkonsultasikannya dengan dokter. Teruslah berikan ASI pada bayi Anda.
4. Pakaikan baju yang tipis agar anak merasa nyaman, karena dengan menggunakan baju yang tipis maka sirkulasi udara baik sehingga suhu tidak pengap dan tidak panas.

Segeralah ke Dokter Bila :
1. Suhu bayi diatas 38 derajat celcius, bahkan bagi bayi yang berusia dibawah 1 bulan jika suhu tubuh sudah mencapai 37,5 derajat celcius disarankan agar langsung membawa bayi ke dokter, agar mendapatkan pemeriksaan yang lebih lanjut.
2. Apabila bayi sudah tidak mau menyusu, karena ini merupakan salah satu gejala bayi mengalami dehidrasi.
3. Bayi mengalami sesak nafas dan lemas.
4. Muntah dan mengalami diare
5. Bayi rewel dan menangis terus menerus

Untuk bayi hindari pemakain obat tanpa mengkonsultasikannya terlebih dahulu kepada dokter, karena dengan pemberian obat kimia secara sembarangan bisa menimbulkan efek samping pada bayi.

Mengatasi Demam Pada Bayi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Zona Bayi

0 komentar:

Posting Komentar