Rabu, 08 April 2015

Perkembangan Bayi Usia 4 Bulan

Pada Usia 4 bulan perkembangan bayi sangat cepat dan drastis. Bayi menjadi sangat aktif, sehingga memerlukan perhatian lebih dari orang tuanya. Suara bayi sudah semakin jelas begitu juga dengan cara tertawanya menjadi sangat menggemaskan.

Di usia 4 bulan, bayi sudah mulai bisa tengkurap. Kepalanya sudah bisa terangkat, otot-otot tangannya terlatih untuk menjadi lebih kuat karena menjadi tumpuan ketika bayi mengangkat kepalanya. Bayi juga sudah bisa memindahkan dirinya dengan cara berguling-guling, bayi berguling biasanya dengan tujuan untuk meraih benda-benda disekitarnya. 

Pada usia 4 bulan bayi sudah bisa memegang mainan atau benda disekitarnya, walau terkadang sering terjatuh karena tangan bayi belum bisa memegang dengan erat.

Di usia 4 bulan bayi sudah bisa mengekspresikan keinginannya dengan lebih jelas kepada orang tuanya, oleh karena itu orang tua harus lebih memerhatikan sang bayi, karena jika keinginannya tidak terpenuhi bayi akan teriak-teriak bahkan menangis.

Selain itu, bayi juga sudah bisa merasakan emosi orang tuanya. Jika anda berbricara dengan nada tinggi, ia akan merasa takut dan terdiam seketika. Jika Anda terus menunjukan wajah sedih, bayi akan ikut merasakannya. Hal ini dapat mempengaruhi keadaan emosionalnya. Maka tunjukkanlah selalu wajah yang gembira, agar anak selalu merasa bahagia. Ajaklah anak berbicara, bercanda, dan bermain, karena dengan tidak langsung dengan cara ini Anda membentuk karakter anak. Manfaatkanlah fase ini dengan sebaik-baiknya karena dengan didikan dan kebersamaan yang kita bangun akan membentuk karakter anak menjadi lebih baik.

Perkembangan Bayi Usia 4 Bulan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Zona Bayi

0 komentar:

Posting Komentar