Rabu, 08 April 2015

Perkembangan Bayi Usia 5 Bulan

Perkembangan bayi pada usia 5 bulan semakin pesat. Bayi sudah bisa menggerakan fungsi organ-organ tubuhnya. Di usia 5 bulan ini bayi sudah bisa mengeluarkan suara dengan bibir dan lidahnya. Maka tidak heran di usia 5 bulan ini Anda akan sering mendengar bayi berdecak dan bergumam. Bayi juga sudah bisa mempelajari suara-suara yang didengarnya, maka ucapkanlah kata-kata yang baik saat berbicara dengan bayi Anda.

Bayi sudah mulai sering tertawa, ajaklah dia terus berbicara, bercanda, dan bermain. Hal ini dilakukan untuk merangsang bayi agar terus tertawa, dan membuat suara-suara dengan mulutnya. Sehingga kemampuan bericara bayi akan semakin terasah. Bayi sudah akan mulai bisa mengeluarkan suara yang berbeda yaitu ketika saat dia lapar atau dia sedang merasa tidak nyaman (buang air).

Dudukanlah bayi dalam posisi tegak, karena di usia 5 bulan ini, bayi akan lebih suka dalam posisi tegak, walaupun pada awalnya bayi akan bertumpu kepada kedua tangannya.

Tips bagi orang tua saat bayinya berusia 5 bulan :

1. Seringlah ajak bermain dan berbicara bayi agar merangsang bayi untuk banyak berkomunikasi. Hal ini dilakukan untuk merangsang kemampuannya dalam berkomunikasi kelak

2. Pakailah sandaran bantal atau sandarkan ke tubuh Anda agar bayi bisa duduk dengan tegak. Hal ini dapat berguna agar bayi cepat kuat duduk dan agar punggung bayi tidak bengkok.

3. Ajarilah bayi minum dari gelas. Berikanlah gelas dengan moncong yang mempunyai dua pegangan yang tidak terbuat dari benda tajam dan tidak mudah pecah. Hal ini dilakukan agar gelas tidak mudah pecah, karena bayi akan memukul-mukulkan atau bahkan membantingnya ke lantai. Saat mengajari bayi minum memakai gelas, pakailah lembaran air yang dapat meyerap air, karena pasti akan banyak air yang tumpah. 

Perkembangan Bayi Usia 5 Bulan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Zona Bayi

0 komentar:

Posting Komentar