Sabtu, 18 April 2015

Kenaikan Berat Badan Bayi yang Ideal

Pertumbuhan bayi memang sangat pesat. Pada bulan pertama berat badan bayi bisa bertambah sebesar 700gr. Sebagai orang tua, sebaiknya kita selalu mengikuti posyandu. Di posyandu kita dapat mengetahui perkembangan berat badan bayi kita tiap bulan, serta mengikuti imunisasi apa saja yang harus diberikan kepada bayi kita.

Jika kita mengikuti posyandu, kita akan diberikan buku posyandu. Dalam buku posyandu, terdapat diagram, bagaimana seharusnya perkembangan bayi kita yang normal/ideal sesuai dengan pertambahan usianya. Diagram berat badan dibedakan menjadi tiga warna yaitu, kuning, hijau muda, dan hijau. Jika berat badan bayi berada dalam daerah diagram berwarna hijau itu artinya perkembangan bayi kita sesuai dengan yang seharusnya. Jika berada di daerah kuning bawah berarti perkembangan bayi kita dibawah yang seharusnya, penambahan berat badannya dapat dikatakan terlalu lambat atau tidak normal, sedangkan jika berada didaerah kuning atas, penambahan berat badan bayi terlalu cepat. Dan jika berat badan berada di daerah hijau muda, penambahan berat badan bayi masih bisa dikatakan normal.

Berat badan bayi yang normal dapat diklasifikasikan pada angka-angka berikut :

1. Bila bayi berusia 1 hingga tiga bulan maka berat badan bayi yang normal bertambah 700 gram per empat minggu atau bertambah sebanyak 170 - 200 gram per minggunya.

 2. Bayi berusia 3 hingga 6 bulan pertambahan berat badan normal adalah sebanyak 450 gram per empat minggu atau sekitar 125 gram perminggu.


 3. Dan pada usia 6 hingga 12 bulan pertambahan berat badan bayi per empat minggu sebanyak 350 gram.


Dari angka-angka diatas dapat disimpulkan penambahan berat badan yang paling besar ketika usia 1 bulan, yaitu kenaikan berat badan mencapai 700gram per empat minggu. Kemudian menurun di usia 3-6 bulan jumlah kenaikan berat badan menurun. Dan pada usia 6-12 bulan kenaikan berat badan semakin menurun. Jika kenaikan berat badan masih sesuai dengan skala di atas, berarti bayi Anda dapat dikatakan sehat.

Jika bayi Anda pertumbuhan berat badan kurang dari yang seharusnya, berikanlah bayi Anda tambahan gizi dan konsultasikan kepada DSA bayi Anda. Sedangkan jika bayi telah memiliki pertumbuhan berat badan yang normal, jangan biarkan bayi Anda banyak tidur. Ajaklah bayi untuk lebih banyak bermain dan bergerak. Hal ini agar merangsang bayi untuk lebih aktif.

Kenaikan Berat Badan Bayi yang Ideal Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Zona Bayi

0 komentar:

Posting Komentar