Senin, 20 April 2015

Mengobati Batuk dan Pilek pada Bayi tanpa Obat Kimia

Batuk dan pilek merupakan hal biasa yang terjadi pada bayi, umumnya bayi yang telah berusia diatas 6 bulan. Hal ini diakibatkan karena sistem kekebalan bayi belum bekerja secara optimal. Selain itu, bayi dengan usia diatas 6 bulan memiliki asupan ASI yang berkurang dari sebelumnya, karena mereka telah diberi makanan pendamping ASI. Sedangkan ASI merupakan salah satu faktor untunk meningkatkan kekebalan tubuh bayi.

Jika bayi mengalami batuk dan pilek, orang tua tidak perlu panik tetapi harus tetap waspada. Menurut para ahli kesehatan anak menjelaskan batuk dan pilek ringan biasanya akan hilang sendirinya setelah beberapa hari tanpa harus diberikan obat kimia. Bahkan dokter-dokter di Amerika tidak merekomendasikan anak dibawah 4 tahun mengkonsumsi obat batuk dan pilek.

Banyak orang tua berfikir jika bayi sakit harus diberikan obat, tetapi sebenarnya obat-obat yang beredar di pasaran tidak menghilangkan sumber penyakit, obat-obat tersebut hanya meredakan tanda-tanda (simpton) dari penyakit bukan menghilangkan virus penyebab penyakit.

Beberapa Cara Untuk Mengobati Batuk Pilek Bayi :

1. Berikanlah bayi cairan yang banyak. Jika bayi masih meminum ASI, pastikan bayi meminum ASI yang banyak. Hal ini berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh bayi. Berikan pula air putih yang banyak. Hindari pemberian jus atau minuman soda, karena ini dapat menyebabkan tenggorokan bayi sakit.

2. Jika bayi sudah berusia di atas satu tahun, berikanlah ia madu. Madu sangat bagus dalam membantu perkembangan tubuh bayi. Jika orang tua ingin memberikan madu pada bayi yang usianya di bawah satu tahun, pertama-tama tim atau kukus madu terlebih dahulu selama 15-20 menit sebelum diberikan. Tetapi bagi bayi yang berusia di bawah satu tahun madu tidak direkomendasikan untuk diberikan.

3. Hangatkan tubuh bayi dengan menggunakan minyak telon. Balurkan pada dada, perut, dan punggung. Pastikan bayi Anda tetap merasa hangat. Jagalah suhu ruang agar tetap hangat, ibu bisa menyimpan air panas pada baskom dengan diberikan kayu putih, dan tutup ruangan agar bayi dapat menghirup uap kayu putih. Ini bertujuan agar bayi dapat bernafas dengan lancar.

4. Tidurkan bayi dengan bantal yang lebih tinggi. Teteskan larutan saline (garam steril) pada hidung bayi. Hal ini bertujuan untuk mengurangi kekentalan lendir pada hidung bayi. Larutan ini dapat dibeli di apotek.

5. Untuk anak berusia di atas 2 tahun, ibu dapat memberikan anak sup kaldu hangat untuk meringankan flu anak. Anak dapat juga diberikan teh jahe dan madu, campuran jeruk nipis dan madu untuk mengurangi batuk pada anak. Atau bisa juga diberikan campuran air jeruk dan madu dengan perbandingan 1:1, berikan 1 sendok teh 3xsehari setelah makan.

Kapan Harus Dibawa ke Dokter ?

Jika batuk dan pilek tidak membaik dalam 2 minggu, atau ketika batuk dan pilek sudah sangat mengganggu pola makan dan tidur anak dan disertai muntah dan demam tinggi. Ciri yang harus diwaspadai, diantaranya : batuk yang berlendir dengan lendir berwarna hijau, kuning, coklat, atau terdapat bercak darah. Serta anak tidak mau makan, dan kehilangan berat badan.


Mengobati Batuk dan Pilek pada Bayi tanpa Obat Kimia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Zona Bayi

0 komentar:

Posting Komentar