Rabu, 08 April 2015

Perkembangan Bayi Usia 3 Bulan


Perkembangan bayi pada usia 3 bulan sangat pesat. Pada fase ini bayi harus diawasi secara ketat karena bayi sudah mulai memasukkan benda-benda ke dalam mulutnya. Bayi juga sudah mulai mendengar bunyi-bunyi disekitarnya jadi orang tua sudah bisa membelikannya mainan. Hanya saja berikan mainan yang terbuat dari karet dengan ujung yang tumpul dan mainan yang tidak diberikan pewarna seperti cat. Berikanlah mainan yang dapat mengeluarkan bunyi untuk melatih teilinganya dalam mendengar dan untuk merangsang bayi untuk lebih aktif gantunglah mainan di atas box tempat tidur bayi.

Pada usia 3 bulan, bayi sudah mulai sadar dalam tiap gerakannya. Kebiasaan menggenggam tangannya sudah mulai menghilang Bayi sudah bisa mengamati benda-benda sekelilingnya dan mulai ingin menyentuh benda-benda di sekelilingnya.
Di usia 3 bulan bayi sudah dengan jelas dapat membedakan wajah ibu dan ayahnya. Bayi sudah bisa memandang dan melambaikan tangannya, walau terkadang masih belum terarah.

Pada usia 3 bulan, bayi sudah dapat di bawa main ke dunia luar, orang tua sudah bisa membawanya jalan-jalan ke luar rumah. Dengarkanlah lagu-lagu yang lembut, karena lagu dapat merangsang perkembangan otaknya. Bayi sudah bisa mengeluarkan suara, bahkan sudah bisa menyebut mama atau papa walupun tidak begitu jelas. Bayi sudah bisa diajak komunikasi, cara  bayi berkomunikasi yaitu dengan cara menggerak-gerakkan tangannnya, bahkan sudah bisa terlihat sedih, bahagia, dan tertawa.

Perkembangan Bayi Usia 3 Bulan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Zona Bayi

0 komentar:

Posting Komentar