Kamis, 16 April 2015

7 Cara Tepat Memandikan Bayi baru Lahir

Kebanyakan orang tua khususnya seorang ibu yang baru memiliki bayi pasti banyak mengalami kesulitan dan ketakutan dalam memandikan bayinya yang baru lahir. Banyak ibu yang berkecil hati dalam memandikan bayinya, apalagi pada minggu-minggu pertama dimana sisa tali pusat bayi belum "puput".

Banyak dokter yang menyarankan untuk tidak memandikan bayi di usia tersebut (minggu-minggu pertama) dengan cara diguyur dan merendam tubuhnya. Bayi disarankan dimandikan hanya dengan cara diseka dengan waslap.

Berikut 7 cara tepat memandikan bayi yang baru lahir :
1. Sebelum mulai memandikan bayi, siapkan terlebih dahulu peralatan mandinya, seperti : air hangat dalam baskom untuk mandi, sabun bayi, shampo bayi, waslap, dan handuk bayi.
2. Setelah semua peralatan mandi bayi disiapkan, bukalah baju bayi secara perlahan. Bungkuslah tubuh bayi dengan handuk dan baringkan di atas alas anti air.
3. Tutupi bagian tubuhnya yang tidak sedang diwaslap dengan handuk, agar bayi tidak merasa kedinginan.
4. Bersihkanlah muka dan kelopak mata bagian atasnya dengan waslap yang telah direndam di air hangat dan diperas. Bersihkan secara perlahan agar bayi tetap merasa nyaman.
5. Usaplah telinga bagian luar, kemudia lipatan-lipatan leher, tangan, dan kakinya.
6. Berikan shampo bayi pada waslap, kemudian gosokan ke kepala bayi dengan lembut. Bersihkan waslap, kemudian gosokan kembali ke kepala bayi hingga tidak ada busa yang tersisa.
7. Untuk membersihkan daerah kelamin, bersihkanlah dari rah depan ke belakang. Jika bayi Anda laki-laki cukup bersihkan luarnya saja, dan jangan lupa bersihkan juga bagian bawah buah zakarnya.

Setelah selesai memandikannya, pakaikan popok dan baju. Bagi bayi yang belum "puput" jangan lupa menaruh lipatan popok di bawah sisa tali bayi.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat bagi Anda :)

7 Cara Tepat Memandikan Bayi baru Lahir Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Zona Bayi

0 komentar:

Posting Komentar